Memperkenalkan suatu produk ke masyarakat memang tidak mudah, bagaimana kita menarik perhatian masyarakat, media apa yang akan kita gunakan, dan konsep iklan seperti apakah yang akan kita lakukan untuk memperkenalkan suatu produk. Persaingan bisnis tidak dapat dipungkiri akan berdampak terhadap bagaimana kita mencari strategi guna menghadapi produk pesaing, salah satunya melalui iklan. Meskipun pemberian informasi dapat dilakukan melalui packaging produk, brosur, peragaan, atau kunjungan tenaga penjual namun iklan masih dianggap cara paling efektif untuk menginformasikan produk dan mempengaruhi pasar sasran. Melalui iklan produsen dapat menyampaikan kelebihan produk, begitu juga melalui iklan konsumen dapat mengetahui kelebihan produk tersebut. Iklan cenderung dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk (Handoyo, 2004). Oleh karena itu banyak perusahaan yang menggunakan iklan sebagai cara memenangkan persaingan melalui komunikasi menyampaikan informasi dan persuasi kepada konsumen.
1. Jujur, bertanggungjawab, dan tidak bertentangan dengan hukum negara
2. Sejalan dengan nilai-nilai sosial budaya
3. mendorong persaingan namun dengan cara yang adil dan sehat
Contoh persaingan promosi dan pemasaran adalah pada gambar berikut.
Pada contoh di atas persaingan antar perusahaan penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia sangatlah ketat, sehingga operator berupaya untuk memperkenalkan produk dengan menyinggung promosi yang dilakukan oleh operator lain. Dalam hal ini, perusahaan dituntut untuk mampu memberikan konsep pemasaran dan promosi yang lebih beretika dan hasilnya harus lebih mengutamakan produk dibandingkan memori masyarakat terhadap iklan itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar