Rabu, Oktober 17, 2012

Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau yang pada umumnya lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Definisi dari CSR itu sendiri telah dikemukakan oleh banyak pakar. Diantaranya adalah defenisi yang dikemukan oleh Magnan & Ferrel yang mendefenisikan CSR sebagai : ”A business acts in socially responsible manner when its decision and actions account for and balance diverse stakeholder
interest”. Definisi ini menekankan kepada perlunya memberikan perhatian secara seimbang terhadap kepentingan berbagai stakeholder yang beragam dalam setiap keputusan dan tindakan yang diambil para pelaku bisnis melalui perilaku yang secara sosial bertanggung jawab.  

CSR menunjukkan bahwa suatu perusahaan, baik kecil maupun besar memilki tanggung jawab sosial kepada  lingkungan sekitarnya. akan membentuk beberapa citra terhadap suatu perusahaan, antara lain:
1. Perusahan tidak berdiri sendiri, di sekitar perusahaan terdapat banyak pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu, suatu perusahaan harus peka dan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya.
2. Keberadaan perusahaan sangatlah ditentukan oleh stakeholdernya, baik konsumen, supplier, karyawan, dan keluarga masyarakat di sekitarnya. 
3. CSR merupakan bagian dari kegiatan bisnis, suatu bisnis yang baik adalah bisnis yang peka terhadap kondisi sekitar perusahaan.

Tanggungjawab sosial perusahan (CSR) dilatar belakangi oleh adanya pergeseran tujuan perusahaan, pada era sebelumnya suatu perusahaan hanya berorientasi pada penjualan produk/jasa, sementara dalam perkembangan saat ini perusahaan berfokus pada penyediaan produk/jasa dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. Secara tidak langsung, perusahaan akan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan stakeholdernya.Selain itu perkembangan CSR sebagai etika bisnis didorong oleh beberapa faktor, meliputi:
1. Kepedulian dan harapan dari suatu komunitas, konsumen, otoritas publik, dan investor;
2. Keadaan sosial sekitar perusahaan
3. Transparansi kegiatan bisnis

Dengan melaksanakan CSR, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain:
1. Menghilangkan prasangka yang tidak baik terhadap citra suatu perusahaan, sehingga perusahaan tidak semata-mata mencari keuntungan tetapi juga memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar
2. Dengan melibatkan karyawan dalam pelaksanaan CSR, pihak internal perusahaan akan memiliki rasa bangga terhadap perusahaannya sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan semangat kerja karyawannya
3. Dengan pelaksanaan CSR akan terjadi peningkatan penjualan, hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaan CSR secara tidak langsung perusahaan akan dikenal oleh masyarakat sehingga pada akhirnya produk-produk yang dihasilkan dapat dikenal luas.

Contoh pelaksanaan CSR adalah adanya kegiatan "mudik bareng" yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar guna membantu karyawannya / masyarakat umum kembali ke kampung halaman dengan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar