Selasa, November 06, 2012

Etika Utilitarianisme dalam Bisnis

Etika utilitarianisme merupakan bagaimana menilai baik buruknya suatu kebijaksanaan sosial politik, ekonomi dan legal secara moral. Dalam etika utilitarianisme terdapat nilai-nilai positif, antara lain:

a. Rasionalitas
b. sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral.
c. Universalitas.

Langkah konkret yang perlu diambil dalam membuat kebijaksanaan bisnis, berkaitan dengan analisis keuntungan dan kerugian, antara lain:
a. Mengumpulkan dan mempertimbangkan alternatif kebijaksanaan dan kegiatan bisnis sebanyak-banyaknya. 
b. Seluruh alternatif pilihan dalam analisis keuntungandan kerugian, dinilai berdasarkan keuntungan yang menyangkut aspek-aspek moral.

c. Analisis Neraca keuntungan dan kerugian perlu dipertimbangkan dalam kerangka jangka panjang.

Contoh pelaksanaan etika utilitarianisme dalam binsis yaitu adanya pelaksanaan penelitian segmentasi, target dan posisioning pasar yang dilakukan oleh Toyota. Dimana Toyota mengumpulkan dan mempertimbangkan alternatif kebijaksanaan dan kegiatan bisnis sebanyak-banyaknya guna menentukan tingkat penjualan produknya. Apa yang akan diproduksi, model kendaraan apa yang cocok bagi suatu negara, dan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam suatu negara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar