Sabtu, November 12, 2011

Studi Kasus Hasil Penjualan Rokok Crystal

Penyebab Turunnya Penjualan Rokok Crystal

Beberapa faktor penyebab turunnya penjualan Crystal diantaranya adalah adanya kebijakan pemerintah berupa kenaikan cukai rokok, dimana kenaikan tarif cukai tersebut tentunya berdampak pada image rokok Crystal yang relatif murah dan terjangkau menjadi berubah. Kenaikan harga yang ditetapkan oleh perusahan berdampak pada kepercayaan masyarakat yang mengenal rokok Crystal sebagai rokok yang  terjangkau.


Perilaku konsumen yang berpengaruh terhadap menurunnya penjualan meliputi:
1. Gaya Hidup
Beberapa kalangan, khususnya anak muda yang merupakan perokok aktif tentunya akan lebih memilih rokok dengan kualitas premium dan terkenal dibandingkan denga nrokok Crystal yang dijual dengan harga murah. Sehingga rokok Crystal terkesan murahan dibandingkan dengan merek lain yang juga digunakan oleh  kalangan anak muda.

2. Perubahan Perilaku
Banyak kampanye atau saran untuk mengurangi konsumsi rokok, hal ini tentunya berpengaruh dengan pola hidup sehat yang saat ini gencar dilakukan dan disosialisasikan. Masyarakat telah mengetahui dampak negatif penggunaan rokok, sehingga masyarakat tentunya akan mengurangi konsumsi rokoknya.

3. Pendapatan Masyarakat
Meskin segmen anak muda yang belum memiliki penghasilan sendiri, namun, dengan meingkatnya pendapatan maysarakat secara tidak langsung akan membuat anak muda menyisihkan uang sakunya untuk membeli rokok dengan harga dan kualitas yang lebih baik dari rokok Crystal

Rekomendasi kepada rokok Crystal

Untuk menghindari menurunnya hasil penjualan, perlu adanya penyebarluasan informasi produk melalui iklan yang dikemas secara atraktif. Sehingga seolah-olah harga rokok Crystal yang relatif murah tidak terkesan "murahan" dimata anak muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar